Monday, September 13, 2010

PEGAS





PEGAS

saat kita merenggangkan karet misalnya saja ikat rambut yang terbuat dari karet sampai batas tertentu, maka karet akan bertambah panjang, dan saat kita lepaskan kembali regangan tersebut, maka karet akan kembali ke panjang semula. sama halnya dengan pada saat kita meregangkan pegas. mengapa hal itu bisa terjadi ??? :) kejadian tersebut dapat terjadi karena adanya sifat elastisitas dari pegas. elastis atau elastisitas adalah sifat suatu benda yang dapat kembali kebentuk semula. selain sifat elastis, pegas juga mempunyai sifat plastis yaitu sifat yang tidak dapat kembali kebentuk semula. sifat plastis ini dapat terjadi ketika kita meregangkan karet sampai melewati batas kelentingan, sehingga karet molor dan tidak dapat kembali ke panjang semula, bahkan karet bisa putus jika kita memberikan gaya tarikan yang besar dan melewati batas keelastisitasan pegas tersebut. jadi setiap benda-benda elastis memiliki batas elastis.

untuk penjelasan mengenai Regangan atau strain , Tegangan atau stress, dan modulus elastisitas dapat dilihat dan silahkan klik disini...


HUKUM HOOKE


"jika gaya tarik tidak melampaui batas elastisitas pegas, maka pertambahan panjang pegas berbanding lurus (sebanding) dengan daya tariknya".


sumber-sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_Hooke


No comments:

Post a Comment