Sunday, April 18, 2010

Ban sepeda pecah akibat pemuaian


Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor.

Benda gas jauh lebih mudah memuai dan menyusut dibandingkan benda cair dan benda padat.

Riset kali ini saya mengambil contoh yaitu, Ban sepeda yang dipompa keras atau diisi dengan udara, lalu diletakkan di bawah terik matahari yang menyengat dalam waktu beberapa lama, maka ban sepeda akan meletus. Kejadian ini pernah saya alami saat di sekolah Dasar. Saya pergi dan pulang sekolah menggunakan sepeda. Biasanya saya memarkirkan sepeda ditempat parkiran sepeda yang sudah disediakan. Namun, parkiran tersebut tempatnya tidak ada peneduhnya. Pada saat itu harinya sangat panas, dan terik matahari menyengat. Dan saat pulang sekolah saya terkejut melihat ban sepeda saya kempes. Lalu dengan terpaksa saya harus menuntun sepada sampai kerumah. Dirumah saya coba untuk memompanya, namun udara yang masuk keluar lagi. Setelah saya amati eehh,,, ternyata ban sepeda saya bukannya kempes, tetapi bocor karena bannya terlihat ada sobekkan akibat meletus.

Hal tersebut dapat terjadi karena, udara terisi penuh dan menekan dinding ban. Dan saat terkena panas matahari, volume udara dalam ban bertambah , sehingga udara menekan dinding ban semakin kuat. Pemuaian terjadi karena suhu diluar ban pada saat itu tinggi. Sehingga, menyebabkan ban dalam sepeda tidak mampu menahan udara yang semakin meluas, akibat dari pertambahan tekana dan volume udara didalam ban. Sehingga ban meletuss…

No comments:

Post a Comment