Sunday, April 18, 2010

kalor yang berpindah-pindah tempat


Kalor adalah energi panas yang berpindah dari suhu tinggi ke suhu rendah. Jika suatu benda menerima atau melepaskan kalor, maka suhu benda itu akan naik/turun, atau wujud benda akan berubah. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak contoh peristiwa tentang perubahan atau puun perpindahan kalor.
Naaah, mungkin kita sering membuat segelas susu panas, atau secangkir teh panas. Saat kita membuat segelas susu menggunakan air panas, lalu diaduk menggunakan sendok yang terbuat dari logam, lama-kelamaan sendok terasa panas saat dipegang. Itu disebabkan kalor yang berasal dari air panas yang memiliki suhu yang lebih tinggi mengalir ke sendok yang memiliki suhu lebih rendah. Karena terdapat perbedaan suhu, maka kalor mengalir dari air panas menuju sendok dengan cara konduksi. Konduksi adalah perpindahan kalor yang tidak disertai dengan perpindahan partikel penghantarnya. Dan sendok mendapatkan tambahan kalor sehingga suhunya meningkat. Pada saat suhu sendok meningkat, kalor dari sendok mengalir lagi ke tangan, sehingga saat memegang sendok tangan terasa panas. Selain pada sendok, kalor juga mengalir pada dinding gelas sehingga panas juga terasa pada dinding gelas.
Emmm, ada tambahan lagii niih tentang bagaimana terjadinya konduksi…
Konduksi atau hantaran kalor digambarkan sebagai hasil tumbukkan moleku-molekul. Saat ujung sendok dimasukkan kedalam air panas, molekul-molekul dalam gelas bergerak lebih cepat. Sementara itu, tumbukkan molekul-molekul yang langsung berdekatan lebih lambat, karena mereka mentransfer sebagian energy ke molekul-molekul lain, sehingga lajunya kemudian bertambah. Molekul-molekul ini kemudian juga mentransfer sebagian energi mereka dengan molekul-molekul sepanjang benda tersebut. Dengan demikian energy termal ditransfer oleh tumbukkan molekul sepanjang benda. Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya konduksi. . .
Jadi sebaiknya kita mengaduknya menggunakan sendok yang terbuat dari plastik atau sendok kayu, karena kayu atau plastic merupakan penghantar kalor yang buruk atau sering disebut isolator.
Begitulaaahhh penjelasan yang sangat sederhananyaaa…….

No comments:

Post a Comment