Tuesday, March 22, 2011

Batas kemampuan manusia menahan napas di dalam air dengan waktu yang lama

Bernapas adalah kebutuhan yang paling utama dalam kehidupan manusia. Seseorang bisa bertahan tidak makan dan minum selama beberapa hari. Namun, tidak ada yang mamapu bertahan hidup tanpa bernapas selama itu. Seseorang yang tidak berlatih untuk menahan napas, hanya mampu tidak bernapas selama 30 s/d 60 second.Sementara untuk orang yang sudah berlatih menahan napas, bisa lebih lama untuk menehan napasnya.Misalnya saja para penyelam alami yang biasa menyelam dilautan tanpa alat bantu pernapasan.

Kebutuhan oxygen di dalam darah, pembuluh syaraf, dan otak dipenuhi dengan cara bernapas.Darah mengikat oxygen dan membawa oxygen tersebut keseluruh bagian tubuh.Terhentinya aliran darah ke jantung, pembuluh syaraf dan otak akibat penyumbatan atau penggumpalan darah yang diakibatkan karena kurangnya kebutuhan oksigen di dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan kematian mendadak.

Dalam kegiatan berenang, kita perlu adanya pola pernapasan yang benar. Karena dengan cara mengambil dan membuang napas dengan benar, kita tidak akan mudah capek.Seperti yang biasa dilakukan oleh para perenang pada saat berenang, cara bernapasnya untuk menghirup napas menggunakan mulut, setelah wajah berada di dalam air, buang napas melalui hidung atau mulut, sehingga menimbulkan gelembung-gelembung udara di dalam air.


Nahh, ada seorang pesulap bernama David Blaine mampu menahan napasnya selama 17 menit.

Namun, ada juga nihh seorang penyelam berasal dari swiss bernama Peter Colat yang berhasil memecahkan rekor dunia dengan menahan napasnya di dalam air selama 19 menit 21 detik. Colat yang berumur 38 tahun melakukannya dalam senuah tangki air di Saint Gallen, Swiss.Colat, mengatakan bahwa 12 menit pertama tidak ada maslah. "Saya merasakan kebutuhan pertama untuk bernapas sangat terlamba, tetapi hal itu justru menjadikan saya lebih kuat untuk menahan napas". sebenarnya ini bukan kali pertama Colat berusaha dengan aksi memecahkan rekor dunia. Sebelumnya, pada tahun 2008 Colat pernah mencatatkan rekor dunia sebagai penyelam yang maampu menahan napas selama 16 menit 32 detik...wooow hebat !!!

1 comment: