Saturday, March 5, 2011

Simbiosisme

Dalam istilah biologi yang sering kita dengar, simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang berlainan jenis, yang hidup berdampingan. mahkluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.
ada beberapa macam bentuk simbiosis ;
  • parasitisme, yaitu dimana pihak yang satu mendapat keuntungan namun, pihak lainnya dirugikan. contohnya ; tanaman benalu dan inangnya.
  • mutualisme, yaitu pihak pertama dan pihak kedua saling menguntungkan, artinya tidak ada pihak yang dirugikan. contohnya ; burung jalak dan kerbau.
  • komensalisme, yaitu dimana pihak yang satu mendapat keuntungan, namun pihak yang kedua tidak dirudikan dan tidak diuntungkan. contohnya ; tanaman anggrek dan inangnya.
  • amensalisme, yaitu satu pihak dirugikan namun pihak lain tidak diuntungkan dan tidak dirugikan.
  • kompetisi yaitu dimana kedua pihak saling dirugikan, biasanya terjadi kompetisi melalui perebutan makanan dan pasangan.
  • netralisme, yaitu kedua pihak tidak saling diuntungkan maupun dirugikan dalam interaksi dua organisme tersebut.
Bentuk interaksi ini tidak hanya sering terjadi pada makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan saja, namun sering juga terjadi pada manusia. karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain, oleh sebab itu manusia juga perlu melakukan interaksi terhadap sesama manusia, hewan , dan tumbuhan. dalam interaksi yang dilakukan oleh manusia tersebut juga sama, yaitu ada yang bersifat merugikan, menguntungkan, atau tidak dirugikan maupun tidak diuntungkan.

simbiosis dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu;
  • ektosimbiosis
  • endosimbiosis

6 comments:

  1. ektosimbiosis dan endosimbiosis apa artinya ?
    di jealsin lagi yaa . klo bsa tambahin gambar de.
    atau animasi lain biar menarik.

    ReplyDelete
  2. bgus lia...
    bgus lg kalau ditambahkan gambar :)

    ReplyDelete
  3. okeee.terimakasiii atas sarannya temann..:D

    ReplyDelete
  4. wah kaya biologi yaa :D

    ReplyDelete