Tuesday, March 15, 2011

Penyelam Terlama di Dunia (helep wantet 4)


Saat kita menyelam di dalam air, misalnya saja di kolam renang, kita akan merasakan adanya tekanan yang melawan berat tubuh.Tekanan tersebut disebut tekanan Hidrostatik yaitu tekanan akibat berat air yang juga dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi, dan kedalaman suatu benda menyelam. Semakin dalam menyelam tekanan akan semakin kuat. Berat air ini akan memberikan tekanan di semua sisi pada penyelam. wahh, sulit juga kalau menyeimbangkan tekanan hidrostatik jika menyelam di laut yang dalam...hee Selain itu tidak mudah untuk menahan nafas di dalam air dengan waktu yang lama. 



Di bulan Juli 2010 lalu, Guillaume Nery telah memecahkan rekor dunia menyelam tanpa alat bantu pernapasan hingga kedalaman 200 meter lebihh...waaahhh keren banget... karena aksinya tersebut ia dijuluki sebagai manusia ikan. Aksinya ini dilakukannya di Dean Blue Hole sebuah lubang bawah laut terbesar di dunia yang terletak di barat, Bahama.

Rekor dunia menyelam tanpa alat bantu pertama kali dipecahkan pada tahun 2002 di pelabuhan Villefranche-sur-mer, di Alpes Maritimes, Perancis. Pada saat itu Nery menyelam dengan kedalaman 87 meter. Kemudian pada tahun 2004 di Saint Leu, La Reunion, Nery mampu menyelam hingga kedalaman 96 meter. Pada 6 September 2006, dia berhasil mencapai kedalaman 109 meter.

Namun, di bulan November 2007 rekornya dikalahkan oleh Herbert Nitsch  karena dia mampu menyelam hingga kedalaman 112 meter. Pada tanggal 3 Juli 2008, Nery berhasil menggeser posisi Herbert Nitsch, karena dia mampu menyelam hingga kedalaman 113 meter.

Nahh, pada bulan Juli tahun 2010 lalu, Nery mampu menyelam hingga 202 meter, tanpa menggunakan alat bantu pernapasan. Ini adalah suatu rekor dunia yang spektakuler yang belum bisa dilakukan oleh orang lain...
great Nery...!!!

No comments:

Post a Comment