Tuesday, March 1, 2011

Jadiii guru fisikaa???

mauu siihh....tapii, aku ga bakat untuk jadi guru. karena aku paling anti yang namanya ngomong depan orang banyak. heheeehee maksutnya aku mudah guguupp... apalagi kalau ngajar anak SMA, yang udah bisa liat karakter jadi guru itu harusnya bagaimana... :)

jadi guru itu kerjaan yang mulia banget. bisa berbagi ilmu sama muridnya, tuker pikiran, saling mencari pengalaman baru. naaahhh, kalau aku jadi guru ( Insya Allah), apalagi guru fisika, itu bener-bener hal yang baik banget buta aku.yaahh,, walaupun ga bakat tapi, ada juga sihh keinginan, daan aku juga suka fisika. menurut aku, lebih mudah untuk memahami pelajaran fisika ketimbang matematika. karena aku pikir matematika itu rumusnyaa banyyaaaaakk banget. kalau pelajaran fisika dari SD aku emang udah suka. kerna menarik banget untuk dipelajari, selain itu percobaan-percobaan yang dilakukan, bener-bener ngasih wawasan banget buat kehidupan sehari-hari. dan alhamdulillah, nilai-nilai IPA ku waktu SD, SMP, dan sampe sekarang (SMA) masih diatas rata-rata... :D

nahh kalau jadi guru fisika, aku akan buat murid-murid ku betah untuk belajar fisika. caranyaaaa... buat pelajaran fisika ini menarik, misalnya; dari aspek menjelaskannya diusahakan bisa menggunakan contoh-contoh real yang mudah untuk didapat, sering ditemukan, bahkan yang serig kita lihat, namun sering diabaikan. kecanggihan teknologi juga sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. yaahh walaupun masih gaptek, tapi saya akan berusaha untuk mengajak murid-murid untuk saling bekerjasama, mengenal dan menggunakan kecanggihan teknologi saat ini. agar tidak ketinggalan zaman. begitu juga dengan cara yang masih tradisional, tidak juga ditinggalkan. karena, tidak hanya menggunakan laptop untuk searching yang dihubungkan dengan internet, kebiasaan kita yang dulunya sewaktu SD atau SM masih suka ke perpustakaan jangan dihilangkan. dan dalam penjelasannyajuga akan lebih menarik jika bisa menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa asing ( bahasa jepang, bahasa mandarin, bahasa arab, bahasa jerman, bahasa inggris, dll) kalau saya dapat menguasainyaa... hehehe :)


outdoor class listening akan lebih mendominasi pelajaran misalnya aja, belajar di taman sekolah, laboraturium, lapangan sekolah, dan perpustakaan sekolah. karena terlalu sering belajar di dalam kelas membuat siswa bosan, ga betah, ngantuk, ga bersemangat, dan hal lainnya yang memicu kemalasan, dan membuat pelajaran yang disampaikan menjadi tidak menarik dan membosankan. untuk memulai topik bari tentang suatu materi, cara memberikannya bisa dengan cara yang berbeda, misalnya dengan memberikan tugas secara kelompok ataupun per individu, tugas presentasi dan lain sebagainya..suatu materi pembelajaran akan lebih asiik jika diselingi dan dihubungkan dengan cerita-cerita kehidupan sehari-hari yang jarang sekali mereka dengar. dan setiap ada materi baru atau suatu materi telah selesei, maka akan ada yang namanya ulangan / pengambilan nilai. ulangan bisa dilakukan secara lisan, praktik, dan tertulis per individu.

memasang tampang / wajah dalam setiap kali pertemuan juga harus saya perhatikan. tidak selamanya saya mengajar dengan muka yang selalu sumringah dan selalu bercanda. ada saatnya saya serius. misalnya ada murid yang tidak mengerjakan tugasnya, maka saya akan tegas, dan saya akan memberikan hukuman yang bisa membuat jera, namun hukuman tersebut masih dalam batas yang wajar.

dan dalam pengambilan nilai, yang saya perhatikan adalah keseriusannya dalam belajar, keaktifannya, kekreatifitasannya, kedisplinan, dan yang lebih penting adalah sikap dan perilakunya...heeehe

waaahhh bener-bener masih bingung nii... apa aja yang harus aku lakukan jika aku menjadi guru nantinyaa..hehehe
banyaaakk banget planning yang harus dibuat dan dipersiapkan. ga mudah untuk jadi guru, banyak beban yang harus ditanggung. selain menyampaikan ilmu, kita harus siap untuk mengahdapi kondisi apapun dan bagaimana kita harus menyikapinya...hehee :D

saluut dehh buat guru-guru Indonesia..sukses selalu ya pak bu !!!! hehe :D

3 comments:

  1. Saya adalah guru fisika. dan saya sangat bangga menjadi guru fisika. salam kenal

    ReplyDelete
  2. Ingsun guru IPS....banyak omong...hehehehe...nervous pasti ada...tapi jalani aja...karena itulah pilihan kita...yang penting berikan informasi yang benar aja..

    ReplyDelete